SEJARAH & PEMBAGIAN KOMPUTER SERTA PERBEDAAN SOFTWARE & HARDWARE

 









Transistor jauh mengungguli tabung hampa dan memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, cepat, murah, dan hemat energi, bila dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, pada generasi ini, juga dilakukan pengembangan memori inti magnetik.

Kemudian, pada tahun 1958, Jack Billy menciptakan integrated circuit chip atau IC. IC ini merupakan kepingan kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Jadi, komputer pada generasi ketiga menjadi lebih kecil, cepat, dan murah. Pada masa ini, memungkinkan juga untuk dipasarkan ke khalayak umum.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan integrated circuit menjadi penanda komputer generasi ketiga. Dalam pemakaian komputer generasi kedua, transistor membuat komputer jadi cepat panas. Hal ini yang menyebabkan komputer generasi kedua mulai ditinggalkan



Komputer Generasi Keempat (1971-sekarang)

Mikroprosesor menjadi terobosan dalam mendatangkan komputer generasi keempat dengan menyatukan ribuan IC ke dalam satu keeping silicon

 Komputer generasi pertama yang besarnya hingga bisa mengisi seluruh ruangan, komputer generasi keempat sudah muat dalam genggaman manusia 😎. Pada masa ini, mulai muncul laptop yang sangat portable dan dapat dibawa kemana-mana. Seiring komputer-komputer kecil ini menguat, mereka dapat dihubungkan untuk membentuk jaringan, yang pada akhirnya mengawali perkembangan internet.


PEMBAGIAN² KOMPONEN KOMPUTER


  1.  PC atau Personal Computer

Sesuai dengan namanya personal computer, maka PC adalah computer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, computer dahulunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diproduki oleh MITS pada tahun 1975.


2. Komputer Desktop

yaitu computer yang dirancang untuk tidak dapat dipindahkan-pindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakkan disuatu tempat seperti diatas meja kerja.


3. Laptop

Dahulu istilah laptop berbeda dengan Notebook ditinjau dari segi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud yang sama, yaitu computer portable (mudah dibawa-bawa) yang terintegrasi langsung dengan monitor, keybord, mouse pad/trackball, processor, hardisk, memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampunya bahkan melebihi computer desktop maupun PC.


4. PDA, Personal Digital Assistants

PDA adalah computer canggih yang menggunakan flashmemory sebagai pengganti media penyimpanan. PDA tidak memiliki keybord, namun menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sebagai media input.


5. Komputer Workstation

Workstation sebenernya adalah computer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam manjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan prforma tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia dan lain sebagainya.


6. Komputer Server

Server adalah computer diperuntukan untuk menyediakan layanan terhadap computer lainnya (client) dalam sebuah jaringan. Computer server memiliki prosesor yang powerfull, memory yang besar dan kapasitas hardisk yang lebih besar.


7. Komputer Mainframe

Adalah computer dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya.


8. Wearable Computer

Wearable Computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang computer, yaitu perangkat computer menyatu seperti layaknya pakaian saja. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya.


 PERBEDAAN SOFTWARE DAN HARDWARE 

Komponen hardware bisa dilihat dan dipegang dengan menggunakan tangan. Sedangkan, untuk software tidak bisa dipegang dengan tangan. Selain itu, perbedaan juga terlihat berdasarkan dengan fungsinya. Fungsi software adalah untuk menghubungkan komponen hardware dan user.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS INFORMATIKA

MANFAAT DAN DAMPAK NEGATIF INTERNET BAGI KEHIDUPAN SEHARI-HARI