MANFAAT DAN DAMPAK NEGATIF INTERNET BAGI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

 BLOG 09-10-2023



DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET


Di zaman yang canggih seperti sekarang ini, semua hal bisa ditemukan di dunia maya dengan lebih cepat dan mudah melalui internet atau interconnected network


Penggunaan internet dapat dikatakan sudah menjadi bagian besar dari kehidupan manusia sehari-hari. Banyak aktivitas seperti kuliah, bekerja, dan belajar yang diselenggarakan secara daring. Bahkan, kini kita juga bisa mengakses layanan dan fasilitas umum melalui internet.


Namun, internet juga bisa memberikan dampak positif dan negatif pada manusia.


Berikut ini dampak negatif dari penyalahgunaan internet yang harus kalian ketahui:


Mengganggu Keseimbangan Hidup

Penggunaan internet yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Jika telah kecanduan internet, keseimbangan hidup Kamu pun akan terganggu 









Memudahkan Tindakan Kriminal dan Penyebaran Hoax

Internet memungkinkan tindakan kriminal seperti penipuan, kejahatan siber, dan penyebaran konten yang tidak pantas dapat terjadi. Selain itu, berita palsu atau hoax juga mudah sekali tersebar di internet.


Memudahkan Tindakan Plagiasi

Mengunggah karya melalui internet dapat menjadi cara efektif untuk mempromosikan karya tersebut. Namun, kemudahan ini juga dapat memunculkan masalah hak cipta dan plagiarisme.


Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menyalin atau menjiplak karya orang lain dan mengklaim sebagai karya mereka sendiri. Hal ini tentu merugikan pencipta karya aslinya. Meskipun sudah ada undang-undang tentang hak cipta dan plagiarisme, kasus ini masih sering terjadi.



Terlepas dari dampak negatif di atas, hadirnya internet juga memiliki sisi positif, yaitu:


Memudahkan Komunikasi Jarak Jauh

Internet menghadirkan kemudahan untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai daerah dengan jarak yang jauh sekalipun. Dengan kata lain, berkomunikasi melalui internet tidak terbatas oleh jarak dan waktu.


Mudah Menemukan Informasi

Internet memiliki berbagai macam informasi dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Semua informasi tersebut dapat dicari di internet sesuai dengan kebutuhan kita.




Banyak Konten Hiburan

Internet dapat memberikan hiburan dalam berbagai bentuk. Hal ini didukung oleh kehadiran berbagai platform hiburan, salah satunya TikTok yang menyediakan beragam konten menarik, mulai dari video musik, vlog, informasi, tips dan trik, serta video lainnya yang bisa menghibur pengguna.


Mendapat Informasi Ter-update

Dengan internet, beragam informasi jadi lebih cepat dan mudah tersebar, terlebih lagi dengan hadirnya portal berita online dan media sosial. Informasi tersebut sangat penting untuk memantau situasi di sekitar kita. Tetapi hati-hati ya, jangan sampai Kamu terjebak berita hoax!


Tempat untuk Berkarya

Berkat kehadiran internet, karya dan kreativitas setiap individu dapat diwadahi dan dinikmati secara luas. Karya-karyanya pun beragam, mulai dari tulisan, foto, video, dan lain-lain.






ULANGAN INFORMATIKA

Guru : Pak Supadillah, M,pd

Siswa/i : Siti Qomariyah Mughniyah

Kelas : X Pi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH & PEMBAGIAN KOMPUTER SERTA PERBEDAAN SOFTWARE & HARDWARE

TUGAS INFORMATIKA